Wisata Alam Air Terjun Tiu Kelep Lombok Utara


Wisata Alam, Air Terjun, Tiu Kelep ,Lombok Utara,gunung Rinjani
Pesona Wisata Alam Air Terjun Tiu Kelep Lombok Utara
Berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Tiu Kelep yang memiliki ketinggian 30 meter ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani.
Nama Tiu Kelep diambil dari bahasa suku Sasak, “tiu” berarti kolam, sedangkan “kelep” berarti terbang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu masuk, selama perjalanan nikmatilah view hutan hujan tropis yang masih hijau ditambah dengan aliran sungai yang jernih.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Terjunan airnya cukup deras dan besar dengan kolam yang terbentuk di bawahnya tidak begitu dalam hanya sepinggang orang dewasa. Juga dasar kolam yang lembut dan datar memungkinkan pengunjung dapat berenang. Selain itu menurut mitos yang beredar jikalau mandi di air terjun ini akan menyebabkan awet muda.
Dalam bahasa Sasak yang merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Lombok, tiu berarti kolam, sedangkan kelep bermakna terbang. Terjemahan bebasnya adalah kolam tempat buih-buih air beterbangan. Pada saat-saat tertentu, butiran air yang beterbangan itu memunculkan pelangi di ujung air terjun.

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu objek wisata bertema Air terjun yang ada di lombok setelah objek wisata Air Terjun Sendang Gile.Menurut berbagai sumber yang dapat dipercaya,Tempat rekreasi lombok Air Terjun Tiu Kelep ini adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berlokasi di lombok utara.Yang mana jarak lokasi wisata ini dari kota mataram bisa di tempuh dengan waktu sekitar 2 jam setengah dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat dengan kecepatan normal sekitar 70-80 km/jam.
Air terjun ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan sumber airnya berasal dari Danau Segara Anak di puncak gunung Rinjani.

Wisata Alam, Air Terjun, Tiu Kelep
Masih ada dua air terjun lagi di kawasan ini, yaitu Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Batara Lejang. Posisi Air Terjun Tiu Kelep ini berada di antara dua air terjun tersebut. Yang disebutkan pertama berada di bawahnya, dimana jatuhan air dari Air Terjun Tiu Kelep ini nantinya akan melewati tebing miring yang berlumut hijau membentuk Air Terjun Sendang Gila. Sedangkan yang kedua berada di atasnya di bagian hulu.
empat berlibur Air Terjun Tiu Kelep ini mempunyai keindahan yang begitu indah, Mungkin karena lokasi wisata ini terletak jauh dibagian dalam hutan,sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung pada saat berjalan menuju lokasi air terjun tiu kelep, rindangnya pepohonan, merdunya suara alam, segarnya udara dan indahnya gemercik air yang mengalir menghapus haus dan letih saat kita menuju lokasi air terjun tiu kelep ini.
Aksesbilitas
Tiu Kelep Lombok
Berjarak kurang lebih 70 km (di tempuh 2.5 jam) dari ibu kota Mataram ke arah utara atau setengah kilo (1 jam perjalanan dari Air Terjun Sendang Gila berada.
Kondisi jalan menuju air terjun ini kurang baik dengan menyusuri jalan setapak berbatu-batu, menembus hutan, naik turun beberapa batu besar dan batang pohon, menyeberangi sungai yang berbatu-batu licin dan agak deras arusnya. Disarankan jika ingin menuju kesana untuk menyewa penunjuk jalan (guide) yang disediakan di pintu masuk atau membawa teman yang sudah pernah kesana.
Dari pintu masuk di Desa Senaru perjalanan diawali dengan trecking melewati tangga yang berlumut dan curam. Setelah melewati tangga ambil belokan ke kanan, jikalau ke kiri ke arah Air Terjun Sendang Gila berada. Waktu perjalanan menuju lokasi air terjun sekitar 1 jam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar