Gili Nanggu – Pulau Kecil Terindah di Tenggara Pulau Lombok



Pesona Gili Nanggu
 Pesona Gili Nanggu – Lombok
Siapa yang tak kenal Gili Trawangan?
Gili yang kesohor sebagai salah satu tujuan wisata internasional.
Gili Trawangan yang ber-jiran dengan dua “saudara gili”nya yang lain yaitu Gili Meno dan Gili Air. Ketiga Gili ini berada di sebelah barat laut Pulau Lombok.
Gili itu sendiri berarti Pulau kecil.
Dan pulau Lombok sendiri tersebar banyak Gili.
Selain ketiga Gili diatas, kali ini aku ingin menceritakan keindahan Gili lainnya. Namanya Gili Nanggu.
Gili Nanggu berada di sebelah barat daya Pulau Lombok. Pulau kecil yang dapat dikelilingi dengan berjalan kaki selama kurang dari satu jam saja. Luas Pulaunya sekitar 12,5 Hektar saja. Kelebihan dari pulau ini adalah airnya yang bening dan bergradasi biru, hijau dan putih. Belum lagi hamparan pasir halus berwarna putih yang mempesona, rerimbunan pohon kelapa dan cemara yang memberikan kesejukan.

Pesona Gili Nanggu
Beberapa Gili di sekitar Gili Nanggu seperti Gili Kedis, Gili Sudak yang hanya berjarak tak lebih dari 1 km menambah keindahan panorama yang dapat dilihat dari Gili Nanggu.
Masih kurang? untuk yang suka wisata bawah laut, snorkeling adalah pilihan terbaik. Dengan hanya berenang +- 20m dari garis pantai, maka kita sudah bisa menikmati ikan-ikan indah yang bermain2 disekitar tubuh kita. Cukup “memancing” dengan memberikan remah-remah roti, maka ikan-ikan dengan warna warni indah akan menghampiri.
Memang terumbu karangnya ngga sekeren di Gili Trawangan apalagi di Kepulauan Karimun Jawa, tapi snorkeling dengan ikan-ikan berwarna-warni di sekeliling badan kita adalah sebuah pengalaman yang luar biasa.

Gili Nanggu tak seramai Gili Trawangan, Meno dan Air. Karena tidak terdapat pemukiman penduduk, tak ada warung, cafe-cafe ataupun tempat hiburan. Hanya terdapat satu penginapan yang cukup representatif untuk mereka yang ingin bermalam.
Untuk tiba di Gili Nanggu, kita harus menyeberang 25 menit dengan boat kecil yang menampung maksimal 6-7 penumpang. Sewa boatnya sendiri 200ribu, dan itu pulang pergi. Jadi, bila kita datang pagi maka boat akan menunggu sampai kita ingin pulang kembali ke Lombok.
Sedangkan dari Bandara International Lombok di Praya dibutuhkan waktu satu jam setengah untuk menuju ke Tawun yaitu lokasi penyeberangan ke Gili Nanggu. Oh iya, lebih mudah untuk menyewa mobil sebagai transportasi daripada mengharapkan kendaraan umum untuk mengantarkan.

Pesona Gili Nanggu
Ingin berbulan madu yang jauh dari bisingnya kehidupan perkotaan, bukan suatu yang salah jika datang ke Lombok. Selain Gili Trawangan, pulau ini ternyata punya Gili Nanggu yang bisa menyempurnakan bulan madu Anda.
Langit biru cerah, pantai berpasir putih, dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan akan menyambut Anda ketika datang ke Gili Nanggu. Pulau kecil ini berada di Lombok Barat, atau sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan Kota Pelabuhan Lembar.
Di pulau yang hanya memiliki luas sekitar 8 hektar ini, tersedia resort dengan gaya tradisional lengkap dengan atap jeraminya. Walaupun begitu, penginapan ini sebenarnya sangat nyaman dan bahkan diidolakan banyak pasangan suami-istri sebagai tempat untuk berbulan madu.

Bagi anda yang senang berwisata bahari, menyelam, berjemur di pantai, atau rileks di tempat yang bernuansa alami, datanglah menginap di Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 Ha di barat Lombok ini dikelola dengan konsep Forest/Virgin Island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami. Ketenangan dan keasriannya menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu mancanegara. Gili Nanggu dijuluki: Paradise Island.
Di pantai berpasir putih dan berombak tenang ini anda dapat beristirahat tanpa khawatir terganggu oleh hiruk pikuk pedagang pantai ,sebab Gili Nanggu adalah pulau pribadi yang hanya dihuni oleh pengelola dan staf. Pesona alam bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan salah satu alasan utama banyak tamu yang datang setiap hari untuk bermain di pantai. Hanya turun beberapa meter ke laut maka ikan-ikan jinak yang berwarna-warni akan datang mendekat. Selain itu juga terdapat terumbu karang dan binatang-binatang laut lainnya yang sangat indah.

Kicau merdu burung menjelang matahari terbit dan kesunyian alam saat matahari tenggelam menciptakan suasana sungguh romantis, menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat yang cocok bagi pasangan yang berbulan madu.
Memiliki keindahan yang tak terbayarkan, Gili Nanggu ternyata sudah dikenal hingga ke mancanegara. Maka jangan heran jika turis mancanegara lebih banyak yang berkunjung ke pulau ini daripada wisatawan domestik.
Selain resort yang nyaman, Gili Nanggu juga memiliki pemandangan pantai yang sangat romantis. Pengunjung bisa duduk di tepi pantai beratapkan pohon-pohon rindang. Di depan, pemandangan cantik tersaji bagai menonton televisi berukuran raksasa. Menikmati pagi makin syahdu dengan menyantap nikmatnya sarapan yang telah disediakan.
Jangan sia-siakan alam yang asri ini, nikmati pulau dengan berkeliling. Tidak butuh waktu yang lama, yaitu sekitar 45 menit untuk mengelilingi pulau ini karena tidak terlalu besar. Sepanjang perjalanan, hanya keindahan yang akan terlihat.

Pesona Gili Nanggu
Anda juga tentunya bisa menikmati pesona pantainya. Pasir putihnya hangat karena tersinar matahari. Air lautnya juga berkilau bagai permata di kejauhan. Ombak pantai tidak terlalu besar, tenang dan cocok bagi Anda yang sedang berbulan madu.
Gili Nanggu ternyata juga kaya akan pemandangan alam bawah lautnya. Air laut yang jernih membuat pengunjung bisa dengan mudah menikmati pemandangan terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan yang lucu. Bila tidak memiliki alat untuk snorkel, Anda bisa menyewanya di resort tempat Anda menginap.
Bila Anda membutuhkan suasana yang lebih romantis, ajak pasangan untuk duduk di tepi pantai saat sore hari. Cahaya kuning keemasan matahari terbenam terlihat sangat indah dari tepi pantai. Nikmati pemandangan sunset yang cantik ini dan buat bulan madu Anda kali ini makin sempurna.
Lombok memang menyimpan banyak sekali pesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar